KECELAKAAN HERCULES DI WAMENA


Bandara Wamena Kembali Normal

Ditulis oleh Rico/Papos
Rabu, 13 Mei 2009 00:00
Pesawat : Hercules AURI saat berada di tempat parkiran pesawat di Bandara Wamena kabupaten Jayawijaya.
WAMENA (PAPOS) –Aktifitas penerbangan di Bandara Wamena kembali normal, pasca kecelakaan pesawat angkut Hercules
Saat mendarat darurat pada Senin (11/5). Akibatnya, bandara Wamena sempat tutup karena terhalang pesawat berbadan lebar milik TNI AU yang masih berada ditengah landasan pacu.
Bahkan pihak penerbangan Trigana, harus membatalkan tiga penerbangan yang akan dijalani pada hari kejadian,” Kami batalkan tiga penerbangan, dua penerbangan yang mengangkut barang-barang dan satu penerbangan untuk penumpang,” ujar Manager Trigana Wamena, Michael Bidure kepada wartawan, Selasa (12/5) kemarin.
Dari informasi yang didapat Papua Pos, beroperasinya kembali Bandara Wamena, setelah malam sebelumnya pesawat Hercules milik AURI tersebut berhasil ditarik ke tempat parkir pesawat yang terletak didekat menenara pantau Bandara. Kegiatan Bandara terlihat mulai beraktifitas pada pukul 10.20, satu persatu pesawat yang biasa memasuki Wamena mulai melakukan pendaratan.
semenatara itu, salah satu penumpang yang namanya tidak mau disebutkan yang hendak ke Jayapura harus tertunda keberangakatanya karena peswat yang akan ditumpanginya telah penuh diisi rombongan tim sepakbola PSM,” sebenarnya hari ini saya flet pertama karena kemarin batal berangkat tapi dimundurkan jadi flet kedua karena ada tim bola yang mau turun,” ujarnya.
Sementara itu, pihak TNI AU siap mengantikan kerugian rumah warga yang rusak dengan mengembalikan kondisi rumah seperti semula akibat tertimpa roda pesawat Hercules.” Pihak AURI sudah menyatakan kesiapanya untuk menganti rumah saya yang rusak,” ujarnya Ibu Dinar yang rumahnya terkena roda pesawat.
Selain itu, pihak AURI juga meminta maaf kepada warga yang terkena musibah akibat kejadian yang dialami pihak AURI, menurut mereka kejadian itu merupakan musibah yang tidak diinginkan. Rumah milik ibu Inar rusak dibagian atap dan tembok ruang tamunya setelah dihantam roda pesawat Hercules terpental sekitar dua ratus meter melewati area Bandara, saat pesawat melakukan pendaratan darurat.
Di pihak lain, Kadisop Lanud Manuhua Biak, Toni Hartono, Selasa (12/5) kemarin terlihat menjenguk Awi Itlay, warga masyarakat yang terkena roda pesawat Herkules saat melintas di sekitar Bandara Wamena. Awi Itlay mengalami patah sebelah kanan dan luka sobek dibagian kening setelah terkena roda pesawat Herkules yang terlepas dan terpental keluar dari area Bandara, saat ini masih berada di RSUD Wamena mendapatkan perawat medis.
Sedangkan satu korban lainnya yang merupakan penumpang dari pesawat tersebut, Nipa Kobak mengalami shok dan memar dibagian kaki saat berebutan turun dengan penumpang lainnya. Dalam keterangan kepada wartawan, Toni Hartono mengatakan, atas kejaidan tersebut akan ada tim teknis yang akan memeriksa kejadian tersebut, untuk mencari tahu penyebab kecelakan tersebut,” Untuk sebab-sebab kejadian akan ada tim teknis yang akan memeriksa,” ujarnya.(rico)
0 Responses


Berita Terkini